Gubernur Olly Dondokambey: Penerbangan Langsung Manado-Jepang Dongkrak Ekspor Sulawesi Utara

WARTALIDIK, Manado – Dalam kurun waktu satu tahun sejak penerbangan langsung Manado-Jepang diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, capaian signifikan telah diraih di sektor ekspor.

Langkah strategis ini membuka pintu bagi pelaku usaha lokal untuk mengekspor produk mereka ke pasar Jepang dengan lebih efisien dan efektif, mendorong pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara, volume ekspor berbagai komoditas mengalami peningkatan pesat sejak penerbangan langsung Manado-Jepang diluncurkan.

Produk unggulan seperti hasil pertanian, perikanan, dan produk olahan lokal kini menjangkau pasar Jepang dengan lebih mudah, meningkatkan nilai ekspor secara signifikan.

Gubernur Olly Dondokambey menyatakan kebanggaannya atas keberhasilan penerbangan langsung ini dalam memacu pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara.

Beliau menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah, pelaku bisnis, dan pihak terkait lainnya untuk menjaga dan meningkatkan konektivitas udara ini.

“Penerbangan langsung Manado-Jepang bukan hanya sarana transportasi, tetapi juga katalisator bagi pengembangan industri ekspor Sulawesi Utara,” kata Gubernur Olly.

Kepala BPS Provinsi Sulawesi Utara Asim Saputra mengapresiasi kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam membangun fondasi ekonomi daerah.

Langkah-langkah ODSK, seperti program Marijo Bakobong dan optimalisasi sektor peternakan, menunjukkan komitmen mereka untuk meningkatkan produksi dan pemasaran komoditas ekspor.

Kesuksesan dalam memasarkan produk melalui pelabuhan laut Bitung dan jalur udara direct call menunjukkan strategi yang matang dari hulu ke hilir.

Kunjungan kerja ke negara tujuan ekspor membuka peluang investasi dan memperkenalkan potensi Sulawesi Utara kepada dunia.

Dengan langkah-langkah strategis dan terencana, penerbangan langsung Manado-Jepang menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara.

Upaya ini tidak hanya menguntungkan saat ini, tetapi juga membangun fondasi kokoh untuk ekonomi yang berkelanjutan di masa depan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *